Sebelas Maret University Surakarta (UNS Solo), the Great Green Campus

Gerbang depan dan belakang kampus beken di kota Surakarta ini menyambut setiap pejuang ilmu yang datang dan melepas setiap pemikir cerdas bangsa yang keluar dengan sebuah pajangan khas UNS berwarna keemasan.

Penyambut dan Penyemangat Mahasiswa UNS

Penyambut dan Penyemangat Mahasiswa UNS

Wadah tempat para penerus bangsa di wilayah kampus ini mendapatkan kepercayaan penuh untuk dapat menyerap banyak ilmu dari banyak sisi. Sebagai bagian dari calon penerus bangsa yang berada di dalam balutan almamater kampus ini, saya merasa takjub dengan gebrakan-gebrakan yang diperlihatkan akhir-akhir ini. Misalnya seperti pembangunan bangunan baru di cukup banyak sisi, seperti di bagian program pasca sarjana, Fakultas Kedokteran, di kawasan depan tak jauh dari gerbang depan, serta di sekitar wilayah di dekat gerbang belakang. Itu untuk bangunan-bangunannya. Saya pribadi hanya dapat melihat saja ketika pertama kali mengetahuinya. Namun kemudian yang saya pikirkan adalah :

apa pohon-pohon rindang dan pemandangan hijau lainnya akan mengalami gebrakan seperti ini juga atau justru memburuk,ya?

Luar biasanya, saya mendengar kabar tentang program Green Campus. Beberapa rekan berpendapat : “kampus sudah mirip hutan, pohonnya banyak dan tinggi-tinggi, ga perlu di-green-in lagi, udah oke kok.” Tapi menurut saya pribadi, yang cukup sering menempuh perjalanan ke beberapa tempat di wilayah kampus pusat UNS dengan berjalan kaki, belum cukup hijau. Trotoar untuk para pedestrian pun belum tercukupi secara keseluruhan, sehingga harus lebih hati-hati ketika berjalan kaki di beberapa area non-trotoar. Ternyata pihak kampus mulai berbenah menuju Green Campus. I love it! 🙂

Pemandangan Gedung Rektorat dengan taman hijau nan asri di area pedestrian

Pemandangan Gedung Rektorat dengan taman hijau nan asri di area pedestrian

Pada website berita UNS, http://www.uns.ac.id/news_1113.html , disebutkan telah direncanakan beberapa pembangunan fisik untuk menuju green campus di wilayah UNS. Tak hanya area untuk pedestrian, penanaman pohon, dan pembangunan sejumlah taman s

aja. Pihak kampus juga membuat sebuah danau baru di sisi timur gedung Rektorat guna menampung dan memanfaatkan air yang masuk ke kampus.

Salah satu taman yang baru dibangun di wilayah kampus pusat UNS Kentingan Surakarta

Salah satu taman yang baru dibangun di wilayah kampus pusat UNS Kentingan Surakarta

Well, as you can imagine, it’s better than before 😉

 

Sebuah aksi penghijauan tidak dapat dikatakan cukup hanya dengan penanaman tumbuh-tumbuhan atau pembangunan fisik menuju lingkungan hijau saja. Diperlukan kesadaran para warga sekitar wilayah hijau tersebut untuk menjaga dan merawatnya. Buat apa susah-susah bikin taman kalau akhirnya dirusak juga? Buat apa susah-susah bikin pohon kalau akhirnya mau ngasih banyak polusi juga? We should do more smart things beside think some smart points, right?

Saya sangat ingin mengulas lebih jauh tentang penghijauan dan teman-temannya. Next time I guess, but I’ll do 🙂

_agent of change.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: