Belajar Team Work dari Burung

Image
Sekelompok burung dengan Team Work yang Jitu

Assalamu`alaikum !!!
Happy to see Tuesday for several times in here, guys ((:

Oke, sekarang kita mau bahas tentang sekelompok hewan unik,cantik,dan menarik : BIRDS! Bukan angry birds, bukan Rio, bukan chicken little. We’ll talk about their characteristics. Yeah some of theirs, exactly (:

Saya mendapatkan informasi ini dari salah satu dosen saya yang sangat super dan sangat berpengalaman menarik perhatian penuh mahasiswanya untuk ternganga mendengar penjelasannya. Mata kuliah kami saat itu mengenai Psikologi Industri dan Organisasi, yang pastinya mempelajari seluk beluk psikologis yang akan dihadapi di dunia pekerjaan, khususnya di bidang industri dan keorganisasian.

Apa hubungannya BIRDS dengan PIO? Nah, salah satu cakupan PIO itu adalah team work yang dibentuk sedemikian rupa oleh para pimpinan dan karyawan demi kesuksesan pekerjaan mereka. “Kerja sama” tidak sama dan bahkan sangat berbeda dengan “sama (sama) kerja”. Sama-sama kerja berarti kita bekerja sendirian di waktu yang sama dengan orang lain ketika mereka melakukan pekerjaan yang sama bentuknya. Namun kerja sama, berarti waktu, pekerjaan, dan hasil, diperoleh atas kerja yang dilakukan tidak hanya oleh satu orang melainkan banyak orang dalam satu komando, satu tujuan, dan satu konsistensi. Salah satu perilaku alami yang dapat kita contoh tersebutlah yang kita perhatikan dari sekelompok burung.

Unggas-unggas dengan bulu cantiknya memesona tersebut ternyata memiliki team work yang sangat jitu dan telah terstruktur sistem komandonya dengan tertib dan terarah. Tahukah Anda ?

.Burung-burung yang terbang secara bergerombolan dapat terbang 71% lebih cepat daripada terbang sendirian.
Mari memandang diri kita. Ketika keegoisan muncul dan keyakinan terhadap kemampuan kita terlalu kuat, kita seringkali menganggap orang lain tidak berarti karena kita dapat melakukannya sendiri. Sama halnya dengan burung-burung tadi. Ketika terbang sendirian, tempat tujuan akan terasa sangat lama untuk mencapainya. Namun ketika kita bersama-sama ke arah tujuan tersebut, maka kerja kita akan semakin ringan dan jarak yang ditempuh menuju tujuan akan cepat dicapai, bahkan dengan hasil yang unik dan terbaik πŸ™‚

.Dalam sebuah rombongan burung, yang biasanya membentuk hurup V besar, burung yang paling depan jika telah merasa lelah Imageakan segera mundur ke arah belakang atau memperlambat kecepatan terbangnya agar posisinya dapat digantikan oleh burung dari posisi lainnya. Bagaimana dengan kita? Ketika merasa tidak mampu dengan apa yang telah diamanahi kepada kita, jangan pernah menyerah sebelum berperang. Jika di dalam perjalanan merasa kelelahan atau hal lainnya, mundurlah dengan kesadaran sendiri jika tidak yakin hasil kerja yang kita paksakan ini tersia-siakan πŸ™‚

.Bagaimana dengan burung-burung yang berada di barisan belakang? Ia tidak menggoyang-goyangkan sayap dengan santai seperti manusia santai lainnya, ia justru menjadi pemandu arah mereka, penyemangat mereka, serta pioner dari apa yang orang lain dan kita berikan kepadan mereka.

.Apakah yang terjadi ketika salah satu teman roImagembongannya ini merasa sakit? Ia akan mundur perlahan-lahan dan ditemani oleh dua burung lainnya. Subhanallah, begitu solidnya kebersamaan mereka untuk membantu teman-teman mereka. Si sakit akan diistirahatkan dengan tenang dan penuh perhatian. Jika telah sembuh maka penerbangan akan dilanjutkan dengan rombongan yang sama. Namun jika tidak dapat tertolongkan lagi, dua orang yang menolong tadi akan segera mencari rombongan baru untuk dimasuki sebagai anggota baru πŸ™‚

Begitu luar biasanya Anda, wahai para burung, dalam menggabungkan banyak kepala menjadi satu ini πŸ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: